Merawat gigi anak sejak dini

Perawatan gigi anak sejak dini adalah awal yang baik untuk pertumbuhan gigi sikecil nantinya. Namun kadang orangtua bingung untuk menentukan kapan saat yang tepat untuk memulai perawatan gigi si kecil. Pada sebagian anak gigi pertama baru terlihat saat usia 6 bulan namun ada juga yang muncul lebih awal saat usia 4 bulan. Bila hingga berumur 1 tahun belum ada gigi yang muncul / terlihat tetaplah membawa anak ke dokter  gigi untuk  memeriksakan gigi.

karies-gigi-pada-anak

Perawatan yang dapat dilakukan bila gigi pertama belum muncul, bersihkan gusi dua kali sehari. Caranya dengan menggunakan kain lap yang bersih, lingkarkan ke jari telunjuk lalu usapkan pada gusi. Hal ini dapat mencegah bakteri terkumpul pada gusi. Bila gigi pertama sudah muncul, mulailah membersihkan gigi dengan sikat gigi. Gigi susu adalah gigi yang paling awal tumbuh, walau nantinya akan lepas dan digantikan gigi permanen, namun gigi susu memegang peranan penting pada pembentukan  perkembangan wajah dan mulut. Patut diingat bahwa kesehatan gigi berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, mengajarkan untuk mengunyah dengan baik juga berpengaruh pada cara makan yang baik.

 

Pencegahan Karies pada gigi         

     Pencegahan karies pada gigi dapat dilakukan dengan menghindari penumpukan gula pada gigi. Karies  adalah rusaknya gigi yang disebabkan menempelnya gula pada gigi yang kemudian akan membentuk asam perusak enamel gigi. Untuk si kecil yang masih tidur sambil mengulum botol susu sebaiknya ganti susu dengan air putih selama tidur. Hindari kebiasaan mencelupkan empeng kedalam madu atau air manis untuk dikulum ketika si kecil tidur

 

Ke dokter gigi secara rutin

     Mulailah untuk membiasakan pemeriksaan rutin kedokter gigi minimal 6 bulan sekali. Perawatan gigi secara rutin dapat mendeteksi secara dini  kerusakan yang terjadi  sehingga menghindari kondisi kerusakan yang fatal terhadap gigi anak.

 

Menyikat gigi secara teratur

    Membiasakan gosok gigi adalah suatu keharusan yang musti diajarkan sejak dini pada sikecil, ajarkan untuk menyikat gigi minimal 2x sehari saat pagi dan sebelum tidur dimalam hari. Dan perlu juga ditambahkan kebiasaan menggosok gigi beberapa saat setelah makan agar dapat menjaga kondisi gigi tetap bersih setelah dipakai mengunyah makanan.

Leave A Comment...

*