Tips cegah gigi berlubang

Tau rasanya sakit  karena gigi berlubang? dunia serasa jungkir balik, mau ngapa-ngapain gak enak, makan minum jadi susah, apalagi kalo diajak ngobrol..beuhh..bawaannya semua serba salah, kalau kondisi sudah seperti itu “penyesalan datang terlambat”..(cie lebay deh..)

Nah sob untuk menghindari kejadian itu tidak terulang lagi atau kalo yang giginya belum berlubang, mulai deh untuk lebih perhatian sama kesehatan gigi kita. Menjaga kesehatan gigi itu penting lho,,selain menghindari resiko masuknya kuman penyakit dari gigi yang berlubang juga mencegah kerusakan yang lebih parah pada gigi.

Beberapa tips yang yang disarankan :

Menyikat gigi dengan benar

Menyikat gigi yang benar adalah dari atas kebawah atau sebaliknya. Menyikat gigi dari kanan ke kiri atau sebaliknya adalah cara yang kurang tepat. Lakukan selama 2 menit dan usahakan didepan cermin sehingga kotoran mudah terlihat

Berkumur sehabis makan

Bakteri dalam mulut adalah bagian yang tak bisa dihilangkan dari rongga mulut, yang bisa dilakukan adalah mengendalikan jumlah bakteri dalam mulut. Menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur tak boleh dilupakan. Usahakan berkumur dengan air, teh atau obat kumur

Mengurangi makanan dengan kandungan gula

Makanan dengan kandungan gula atau glukosa adalah bahan  yang paling mudah  mengundang bakteri perusak email dan susunan gigi. Gula mempunyai sifat yang spesifik bagi bakteri penyebab gigi berlubang, yaitu sebagai substrat. Gula akan dirubah oleh bakteri menjadi asam yang dapat merusak gigi. Oleh karena mengurangi konsumsi makanan mengandung gula adalah langkah yang tepat mencegah gigi berlubang.

Menggosok gigi secara teratur

Biasakan menggosok gigi secara teratur, 2 kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur adalah waktu yang disarankan untuk menggosok gigi, namun untuk kondisi tertentu bisa ditambahkan menggosok gigi sehabis makan siang.

Perawatan rutin 6 bulan sekali

Berkonsultasi dan memeriksakan kondisi gigi setiap 6 bulan sekali dapat mendeteksi dini kerusakan gigi. Mengetahui lebih awal potensi kerusakan gigi dapat mencegah kerusakan yang lebih parah. Dapat juga meminta saran dokter jika telah terdapat gejala gigi berlubang yang timbul sehingga tindakan preventif telah dapat dilakukan lebih dini.

Itu tadi beberapa tips yang sobat bisa lakukan untuk mencegah gigi berlubang.

 

 

Leave A Comment...

*